Tuesday 31 December 2013

“Paseban.com” Media Sosial Asli Indonesia



Komunikasi adalah hal yang paling utama untuk menjalin sebuah komunikasi antar sesame manusia. Pada zaman dahulu sebelum terjadinya kemajuan pada bidang teknologi, komunikasi dan informasi kita dihadapkan kepada suatu sisi dimana jika kita hendak melakukan komunikasi dengan kerabat jauh maka harus melalui surat dan membutuhkan waktu yang sangat lama.
Saat kini ketika kita hendak berkomunikasi dengan kerabat jauh dengan cepat hanya membutuhkan 2 cara yaitu ada gadget dan koneksi internet tentunya. Semua kini telah terkoneksi dengan internet apalagi sekarang telah hadir sosial media yang dapat dengan gampangnya menghubungkan kita dengan kerabat jauh.

                Paseban.com merupakan website yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat luas, yaitu bersosialisasi. Paseban.com muncul dengan konsep situs jejaring sosial yang berbasiskan komunitas. Selain aspek personal, pengguna pun dapat menunjukkan aspek kelompok atau komunitas melalui Paseban.com. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan bersosialisasi melalui internet, yang telah menjadi tren dewasa ini. Selain itu, Paseban.com juga mengembangkan fitur-fitur pendukung yang dapat digunakan dalam membantu aktivitas teknologi informasi bagi para pengguna.
                Sebagai bentuk partisipasi dalam kompetisi pengembangan website dan aplikasi lokal maupun global, Paseban.com berupaya mengembangkan produk-produk unggulan yang mengedepankan sisi informasi, edukasi dan komunikasi.
                Sisi Informasi yang dimaksud Paseban di sini adalah hadirnya Portal Paseban yang selalu memberikan informasi yang berkualitas seputar dunia teknologi informasi, tidak hanya itu Portal Paseban hadir dengan aplikasi menarik yang bersifat informatif dan didukung dengan kemudahan akses baik dari PC maupun perangkat mobile lainnya. Dibuatnya aplikasi Latihan SNMPTN Online dan Latihan UN ini merupakan produk edukasi Paseban sebagai wujud kepedulian terhadap dunia Pendidikan di Indonesia. Sementara itu, Social Network Paseban sendiri selalu berusaha memberikan kemudahan bagi member untuk berkomunikasi dengan sesama member lainnya melalui aplikasi dan fitur yang ada dalam Social Network tersebut.
Itulah sepintas mengenai Paseban.com. Dengan pemahaman yang lebih baik atas kondisi masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan situs jejaring sosial lain yang berasal dari luar Indonesia, Paseban.com memiliki keunggulan dalam memfasilitasi pengguna dengan produk-produk yang berbasiskan kebutuhan lokal. Hal inilah yang dapat memunculkan potensi bisnis yang dimiliki oleh Paseban.com sebagai perusahaan. Dengan demikian Paseban.com diharapkan menjadi salah satu website yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas, sebagaimana yang telah menjadi komitmen perusahaan.

A.        Sejarah singkat Paseban.com
Paseban.com ini didirikan oleh Pria kelahiran Bandung yang bernama Muhammad Ihsan Firdaus, 20 Agustus 1987 lalu yang juga merupakan wirausahawan muda ini merupakan orang yang berada di balik jejaring sosial ini. Menariknya, pria berkacamata ini tidak lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bandung jurusan Teknik Informatika.
                Dari sana, pria yang akrab disapa Ihsan ini langsung membentuk usaha pengembangan web dan pengembangan software bersama teman-temannya di Bandung yang terus berjalan hingga saat ini. Dari sana, ia pun langsung menjadi pendiri sekaligus CEO dari perusahaan pengembang web www.4visionmedia.com. Bagi pria berusia 24 tahun ini, dunia IT bukan lagi menjadi dunia yang asing baginya.
                Bermodal pendidikan dengan jurusan teknik informatika serta pengalaman bekerja di salah satu perusahaan Internet Marketingdan ditambah beberapa usaha yang dimilikinya di bidang IT, pria ini berhasil menjadi orang yang mumpuni dalam dunia IT Indonesia.
                Tak hanya itu, berkat pengalaman-pengalaman yang ia miliki, kini ia menjadi CEO untuk Paseban.com yang telah di bentuk sejak awal 2011. “Saya berharap semoga Paseban.com sebagai jejaring sosial asli Indonesia bisa menjadi salah satu situs web yang bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas,” katanya pada saat peluncuran jejaring sosial itu baru-baru ini.
B.     Fitur – fitur pada Paseban.com
Berikut adalah fitur – fitur yang tentunya sangat menarik dari website paseban.com ini :
a)      Kelas Online Paseban atau platform e-learning, merupakan sebuah wadah yang akan mempertemukan para pengajar dengan pelajar secara online. Menariknya, anda bisa membuat kelas secara online atau anda bisa bergabung pada kelas tertentu yang anda minati. Dapat diakses melalui kelasonline.paseban.com.
b)      Math Mapping, aplikasi, yang berguna untuk memetakan kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal-soal Sains, Sosial, dan Matematika yang membutuhkan skill berhitung dan skill matematis lainnya. Aplikasi ini dikreasikan oleh lulusan perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi mutu aplikasi ini. Dapat diakses di mathmapping.paseban.com.
c)       Fitimit.com adalah Paseban Social Commerce atau situs jual beli online. Fitimit mengedepankan keamanan transaksi bagi pembeli maupun penjual, yang dapat dengan mudah membeli atau menjual produk yang diinginkan. Kelebihan lainnya Fitimit terintegrasi langsung dengan social network paseban. Dapat diakses melalui www.fitimit.com.
d)      Paseban Community Platform, sebuah minisite khusus bagi Anda yang ingin punya ‘basecamp’ komunitas Anda di dunia maya. Tak seperti ‘group’ pada jejaring yang hanya wall-to-wall, Anda bisa mengirimkan SMS broadcast, email, dan menata halaman komunitas Anda semau Anda. Dapat diakses melalui community.paseban.com
e)      Siraj (International Product), sebuah aplikasi Islamic Lifestyle berbasis mobile apps, yang bisa digunakan oleh para pengguna muslim di Indonesia bahkan oleh umat muslim seluruh dunia. Saat ini aplikasi siraj sudah terdapat di Android, Blackberry dan IOS. Dapat diakses melalui siraj.paseban.com.
C.  Cara bergabung di Paseban.com

D.    Cara Verifikasi Email
Verifikasi email merupakan sebuah pernyataan bahwa email yang Anda gunakan sudah melakukan pendaftaran di jejaring sosial Paseban. Setelah Anda melakukan verifikasi email ini maka akun Anda akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan lebih banyak hal di Paseban. Misalnya, membuat status, mengunggah foto, video dll. Untuk cara melakukan verifikasi email, silahkan simak langkah-langkah berikut :
1.       Masuk ke "inbox/spam" alamat email Anda, dan temukan pesan dari Paseban yang isinya berupa link untuk memverifikasi akun Anda.
2.       Kemudian setelah Anda menemukan email dari Paseban, silahkan Anda Klik "Link" tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa Anda sudah melakukan verifikasi.
3.       Selanjutnya Anda mencoba untuk Login kembali di Paseban.
E.   Keuntungan Bergabung di Paseban
Seorang member bisa dikatakan telah sah menjadi member Paseban apabila user telah melakukan registrasi melalui SMS atau verifikasi akun melalui link yang dikirimkan ke E-mail usernya. Dengan sahnya seorang member Paseban, maka banyak keuntungan yang bisa didapatkan, di antaranya :
A.      Community Page

a.       Bisa membuat komunitas sendiri,
b.      Bisa saling mengenal dengan orang lain yang sudah tergabung di Paseban melalui berbagai komunitas yang diikuti,
c.       Bagi yang tergabung dalam sebuah komunitas, bisa memanfaatkan fasilitas chatting sebagai bentuk komunikasi yang mempermudah hubungan antar anggotanya,
d.      Bisa saling bertukar file, link, foto dengan sesama anggota komunitas,
e.      Link yang di sharing nantinya akan disimpan halaman Paseban Bookmark dan akan dibaca oleh ribuan member paseban dan ribuan pengunjung paseban lainnya,
f.        Bisa mengupload informasi Event untuk disebarkan kepada anggota komunitasnya,
g.       Bisa saling berdiskusi dengan anggota komunitas mengenai berbagai hal atau sekedar say Hi di shoutbox maupun di masing-masing status teman.

B.      Portal News

a.       Mendapatkan ilmu pengetahuan seputar teknologi mobile yang menarik dan informatif yang selalu diupdate setiap harinya,
b.      Terdapat ribuan artikel yang membahas teknologi mobile, baik itu berupa berita seputar operator, handset, teknologi software, aplikasi handphone teranyar serta mobile lifestyle,
c.       Bisa menjadi sumber inspirasi bagi kehidupan bisnis Anda, khususnya bisnis mobile di Indonesia melalui artikel-artikel ‘Online Ideas’ dan ‘UKM’,
d.      Mengetahui kekurangan dan kelebihan beberapa gadget melalui artikel ‘Review’,
e.      Mendapatkan ilmu seputar ‘Tips and Trick’ dalam menunjang kebutuhan mobile lifestyle,
f.        Mengetahui kehidupan mobile para public figure Indonesia maupun luar negeri melalui artikel ‘Testimoni’,
g.       Mengetahui informasi tentang kualitas suatu provider dalam perjalanan mengunjungi suatu tempat/wilayah yang dikemas menjadi sebuah cerita melalui artikel ‘Telco Journey’,
h.      Bisa mengetahui profile atau biografi suatu komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia,
i.         Mengetahui informasi mengenai rilis terbaru suatu produk perusahaan yang berhubungan dengan telekomunikasi mobile melalui ‘Press Release’.

C.      Paseban Applications

a.       Telcolator, aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui tarif layanan operator setiap provider.
b.      What’s Good For Me, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memilih handphone/gadget yang disesuaikan dengan kemampuan budget Anda sekarang.
c.       Service Center Information, berfungsi sebagai solusi ketika Anda kebingungan dalam mencari alamat Service Center provider atau handphone Anda, disini Anda diberikan kemudahan dalam pencarian informasi Service Center.

d.      Free SMS, bisa menjadi solusi ketika Anda kehabisan pulsa di saat yang genting. Dengan keunggulan tenggang waktu 24 jam, Anda bisa menggunkannya setiap saat dan kapan saja.
e.      Handset Specification, dengan aplikasi ini Anda bisa menemukan kelebihan dan kekurangan pada setiap handphone, khususnya fitur handphone yang Anda minati.
f.        Hotspot Information, aplikasi yang bisa Anda jadikan sebagai buku panduan elektronik yang akan memberikan rekomendasi mengenai Area hotspot terbaik di sekitar Anda.
g.       Passenger, merupakan aplikasi chatting yang akan memudahkan Anda untuk saling berkomunikasi secara online dengan keluarga maupun teman dekat.
h.      SNMPTN Online, aplikasi yang memudahkan siswa/siswi SMA yang akan menghadapi ujian tes saringan masuk ke Universitas pilihannya. Paseban menyediakan sarana latihan soal (try out) dengan kumpulan lebih dari 2.000 soal yang disertai kunci jawaban, pembahasan, konsultasi soal, serta kisi-kisi pemilihan Universitas yang disesuaikan dengan presentase hasil TO.
i.         Latihan UN Online, aplikasi yang memudahkan siswa/siswi SMA yang akan menghadapi ujian Nasional. Paseban menyediakan sarana latihan soal (try out) dengan kumpulan lebih dari 2.000 soal yang disertai kunci jawaban, pembahasan, konsultasi soal dan statistik ata score.
j.        Paseban Polling, aplikasi ini bisa membantu Anda untuk membuat pertanyaan voting yang membutuhkan jawaban polling dari rekan-rekan Anda. Fasilitas ini bisa digunakan dan devoting, baik non member maupun member Paseban itu sendiri.

D.      Download Center
Merupakan pusat download gratis untuk mengoleksi berbagai konten download seperti Wallpaper, Ringtone, Screensaveer, Application, Games, Video dan SMS unik yang bisa Anda sharing dengan orang-orang di sekitar Anda.
Jadi pada intinya paseban.com adalah sebuah new sosial media yang hadir dan asli dimiliki oleh Indonesia. Dimana di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang tentunya memberikan dampak positif bagi kita sebagai pelajar maupun tidak. Paseban.com juga menyediakan latihan Online untuk UN bagi para pelajar yang memang ingin menghadapi Ujian Nasional. Dengan kata lain paseban sendiri selain bersifat menghibur tetapi tetap Edukatif




Sumber :

No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya