Friday, 6 May 2016

Architectural Parallel Computer

Anggota Kelompok :

-        Ibnu Muzzakkir53412525
-        Khulafi Ahdian54412096
-        Maulida Nurul F S54412492
-        Muhammad Valdie A55412123
-        Mukhlis Wicaksono55412149

Jurnal : PARALLEL PROCESSING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SERVER E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MESSAGE PASSING INTERFACE (MPI) STUDI KASUS SMA NEGERI 1 PEKANBARU

1.      Pendahuluan
Parallel processing komputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi dikomputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secara umum komputasi paralel diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal. Cluster (parallel processing) yang dibangun adalah cluster yang didedikasikan secara khusus untuk komputasi performa tinggi atau High Performance Computing (HPC) dan penyeimbangan kinerja server elearning atau Load Balancing Cluster(LBC). Untuk membangun cluster (parallel processing) tersebut dibutuhkan paling sedikit dua komputer yang terhubung ke sebuah jaringan privat.
Mekanisme parallel processing yang digunakan adalah Message Passing Interface (MPI). Message Passing Interface (MPI) adalah sebuah antar muka pemrograman yang digunakan untuk mendistribusikan proses ke simpul simpul komputasi yang lain di dalam sebuah cluster (parallel processing). Pada penelitian yang akan diujicobakan terhadap SMA Negeri 1 Pekanbaru akan menggunakan cluster yang didedikasikan untuk komputasi paralel.Cluster ini akan dibangun secara heterogen yaitu dengan menyeragamkan sistem operasi dan menggunakan perangkat keras yang berbeda pada masing-masing komputer.
2.      Pembahasan
Pada penelitian ini, cluster yang dibangun pada laboratorium SMA Negeri 1 Pekanbaru menggunakan dua unit komputer server, satu unit digunakan sebagai komputer head node (frontend) dan satu unit digunakan sebagaicompute node yaitu compute- 0-0. Komputer head node (frontend) berfungsi sebagai main server dalam melayani compute node untuk melakukan parallel processing dalam meningkatkan atau menyeimbangkan kinerja server e-learning. Pada komputer head node (frontend) memberikan layanan IP address  kelas A dengan range 10.10.0.1 – 10.10.0.254.secara otomatis kepadacompute node. Layanan IP address akan berfungsi setelah melakukan konfigurasi Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Server.
Penelitian ini menggunakan metode Load Balance Cluster (LBC) yaitu konsep untuk menyeimbangkan beban atau muatan kerja ke beberapa komputerserver, dengan cara membagi beban kerja web server dan database server. Beban kerja jaringan yang tersebar di node adalah untuk meningkatkan kinerja komputasi di jaringan. Hal ini memungkinan setiap pengguna komputer baik guru atau siswa dilingkungan sekolah yang akan mengakses e-learning secaraintranet akan terpasang secara merata sehingga tidak akan memperlambat kinerja server e-learning karena kedua komputer server tersebut saling berbagi beban kerja dalam melayani komputer client.
3.      Kesimpulan
Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa menggunakan cluster dapat meningkatkan kinerja komputasi di jaringan, dimana beban kerja komputerserver tersebut saling berbagi dalam melayani komputer client. Selain itu penggunaan memori yang digunakan dalam parallel processing lebih efisien dan meningkatkan serta menyeimbangkan kinerja server.



Daftar Pustaka

No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya