Tuesday, 31 December 2013

Apa E-Banking itu ?


Seiring dengan era globalisasi yang semakin meluas dengan diiringi pula kemajuan pada bidang teknologi, komunikasi dan Informatika seluruh perusahaan perbankan melakukan pembenahan pada setiap sistemnya. Dimana dari semua hal yang terjadi memberikan dampak postif maupun negatif bagi masyarakat. Adapun salah satu contoh kecil dari hasil perubahan tersebut pada dunia perbankan adalah teknologi e-banking.
E-Banking atau electronic banking atau yang sering disebut internet banking merupakan suatu layanan yang diciptakan oleh bank (swasta maupun pemerintah) dengan memanfaatkan
teknologi internet, sebagai media untuk melakukan berbagai macam transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Layanan internet banking ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan. Dengan kata lain internet banking merupakan kebalikan dari proses transaksi perbankan konvensional, dimana pada proses transaksi konvensional diperlukan tatap muka antara langsung antara pihak bank dan juga nasabah, maka hal itu tidak diperlukan jika kita menggunakan layanan internet banking ketika melakukan transaksi perbankan. Transaksi yang dilakukan pun bersifat maya, artinya semua transaksi dilakukan dengan dukungan koneksi internet dan tanpa tatap muka langsung dengan pihak bank. Dengan bermodalkan koneksi internet yang kita miliki, baik itu melalui PC, telefon genggam, maupun tablet, transaksi internet banking pun dapat kita lakukan dimanapun.
E-Banking sendiri merupakan suatu teknologi yang dimiliki oleh perusahaan – perusahaan perbankan di Indonesia bahkan dunia yang mengatur segala urusan transaksi pada rekening nasabah dari bank yang di percayainya. Teknologi e-banking ini memudahkan para nasabah bank dalam melakukan transaksi terutama untuk para pembisnis sebab dengan adanya teknologi ini para nasabah tidak perlu lagi datang ke bank yang di percayai untuk melakukan transaksi tetapi hanya dengan mengunjungi situs Online Banking dari bank tersebut.
Banyak sekali fitur – fitur yang terdapat pada e-banking ini diantaranya adalah pengecekan saldo rekening, pembelian pulsa, transfer antar bank , pembayaran listrik, laporan transaksi harian , dan lain – lain. Hal yang paling menarik diantara semua itu adalah transfer antar bank. Jika kita menengok ke belakang transfer antar rekening  suatu bank ke bank lain nasabah wajib datang ke bank untuk melakukannya. Namun kini tidak, karena E-Banking imemberikan kenyamanan bagi penggunanya untuk melakukan  semua itu dengan mudah dan cepat.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika kita hendak melakukan transfer antar rekening yaitu melalui SMS Token atau alat yang memang diberikan langsung dari bank. SMS token merupakan teknologi verifikasi keamanan dimana pada saat nasabah hendak melakukan transaksi maka nasabah diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh bank melalui sms ke nomor yang sebelumnya telah didaftarkan oleh nasabah. Ketika semua sudah berhasil dan benar maka transaksi dapat dilakukan. Lalu melalui alat token, melalui cara ini nasabah diminta untuk memasukkan kode yang tertera pada website online banking dari bank yang dimiliki sehinggi ketika nasabah menekan kode tersebut secara langsung transaksi yang akan di buat itu sudah terverifikasi.
Bagi orang yang baru mengenal sistem ini akan sedikit bingung karena biasanya kalau kita transfer melalui bank atau atm akan keluar struk disini tidak. Melalui e-banking nasabah dpt mencetak juga bukti dari transaksi yang telah dilakukan. Biasanya ketika nasabah telah selesai melakukan transaksi aka nada laporan dan menu untuk mencetak bukti atau menyimpannya. Semua bukti yang hendak di arsipkan akan langsung berbentuk pdf.
Sebuah sistem tentunya tidak ada yang sempurna begitu pula dengan e-banking. Ada banyak dampak positif yang dapat kita terima sebagai nasabah akan tetapi tidak sedikit pula dampak negatif yang kita dapatkan. Adapun dampak positif dari sistem e-banking ini adalah memberikan kemudahan kepada nasabah dengan mengefisiensikan waktu yang dimilikinya sebagai contoh ketika nasabah hendak melakukan transaksi transfer ke bank lain dalam ke adaan tidak boleh meninggalkan kantor maka ia hanya cukup mengakses sistus online banking dari bank tersebut. Lalu dampak negatifnya adalah nasabah wajib berhati – hati ketika melakukan transaksi online banking sebab tidak sedikit orang nakal yang akan membidik password online banking yang kita miliki. Ketika kita sudah selesai melakukan transaksi jangan lupa untuk melakukan clear cache pada browser yang digunakan sebab jika tidak data dapat di sadap melalui cache browser.
Adapun kelebihan dan kekurangan dari e-Banking ini adalah :
A.      Kelebihan dari e-banking
                                                                                                                                                                   
1.       Dapat dilakukan selama 24 jam tanpa beranjak dari tempat Anda     
Kemudahan akses yang 24 jam ini sangat memberikan kemudahan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk ke bank atau ATM. Terlebih jika urusannya hanya untuk mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan Anda, terutama dalam urusan bayar membayar, cek saldo atau transfer. Dengan layanan ini Anda dapat melakukan itu semua tanpa harus beranjak dari tempat Anda. Hanya mengunjungi situs e-banking oleh bank yang dituju dan semua urusan Anda terselesaikan.
2.       Hemat Waktu

Karena tidak harus beranjak dari tempat Anda tentunya layanan e-banking ini sangat menghemat waktu sebab jika saja Anda memiliki suatu urusan yang sifatnya sangat penting dilain hal Anda harus melakukan transaksi maka ini sangatlah menghemat waktu.

3.       Hemat Energi
Tentunya untuk sampai ke mesin ATM tidak bisa dengan mudah. Banyak hal yang harus Anda lalukan untuk mencapai sana namu dengan adanya e-banking ini Anda hanya memerlukan koneksi internet saja dan bermodalkan gadget untuk mengaksesnya.
4.       Hemat Biaya

        E-banking dapat dikatakan menghemat biaya sebab jika Anda tidak memiliki kendaraan atau kendaraan milik Anda dalam keadaan kosong bahan bakar maka e-banking adalah solusi yang tepat karena Anda tidak perlu mengisi bensin ataupun naik kendaraan umum untuk sampai ke mesin ATM yang dituju.
5.       Lebih tenang dalam bertransaksi

E-banking juga membuat Anda menjadi lebih tenang sebab jika kita dihadapkan pada keadaan yang sangat mendesak untuk melakukan transfer antar rekening bank maka tidak perlu lagi tergesah – gesah dalam melakukannya.
B.      Kelemahan dari e-banking

1.       Jika Anda melakukan transfer pada hari libur tidak semua bank sistem untuk e-bankingnya dalam keadaan on jadi ketika kita hendak mendaftarkannya harap dipastikan bahwa bank yang kita gunakan dalam keadaan liburpun beroperasi
2.       Harus memiliki koneksi internet yang stabil karena e-banking menggunakan layanan internet untuk operasinya, maka secara otomatis Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil dalam menggunakan layanan ini
3.       Harus mempergunakan pin token atau sms token yang tadi sudah saya bahas di halaman awal. Memang ini agak merepotkan akan tetapi dapat dijadikan juga sebagai suatu kelebihan karena ini dapat dikatakan sebagai suatu sistem sekuritinya
4.       Hanya dapat diakses oleh yang melek akan teknologi saja, untuk orang awan terhadapat teknologi agak sedikit sulit untuk melakukannya

Ada beberapa tips yang mungkin bisa pengguna gunakan ketika hendak melakukan transaksi melalui ebanking :
1.       Pastikan bahwa Anda terhubung dengan koneksi internet yang aman dan cukup , cukup disini dalam artian kecepatan dalam menjelah di dunia maya tidak terlalu lambat
2.       Gunakan browser yang handal seperti firefox
3.       Jika Anda sudah selesai melakukan transaksi jangan lupa untuk menghapus cache pada browser agar semua riwayat transaksi Anda aman

Jadi e-banking merupakan suatu new media yang sangat cocok untuk para pembisnis dengan fitur – fitur yang dimiliki oleh sistem ini. Untuk masyarakat yang tidak ingin susah jika hendak melalukan transfer bank tetapi tidak ingin pindah dari tempat maka ini adalah pilihan yang sangat tepat. Semua sistem tentunya memiliki kelemahan dan kekurangan tentu saja semua itu akan baik – baik saja selama kita cermat dan baik dalam menyikapinya.


Sumber :















1 comment:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    ReplyDelete

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya