Tuesday 31 December 2013

Apa itu Google Drive?


Perkembangan pada dunia teknologi, komunikasi, dan informasi tentunya sangat berlangsung secara cepat dan terus berkembang hingga kini. Saat sekarang sudah menjadi era yang serba online yaitu dimana kita diposisikan untuk melakukan semua hal dengan mengakses yang namanya browser dan juga internet.
Tak sedikit dari kita takut jika kita menyimpannya dalam harddisk, flashdisk ataupun perangkat simpanan lainnya kehilangan data atau dokumen penting yang kita miliki. Sekarang kita tidak perlu lagi takut sebab google driver hadir untuk mengatasi hal tersebut. Dimana kita hanya perlu untuk mengakses internet dan meletakkan file yang hendak kita simpan kedalam google drive.
Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.
Di dalam google drive kita dapat mengolah file dan dokumen yang kita simpan. Mulai dari file simpanan kita yang betipe dokumen hingga file – file lain yang tidak terdeteksi sebagai virus ataupun malware lainnya dapat di simpan juga dan dilakukan proses editing disana. Google driver tentunye menyediakan kapasitas ruang simpan yang tidak sedikit bagi penggunanya.
Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet. 

Berikut adalah panduan bagaimana cara menggunakan Google Driver :

1.       Bukalah http://drive.google.com maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :





2.       Jika sudah saatnya Anda login dengan akun gmail Anda


3.       Untuk upload file silahkan lihat gambar berikut

Arahkan kursor kearah gambar tanda panah download dan klik files untuk upload file
Pilihlah file yang ingin di upload lalu open


4.       Jika Anda ingin menginstallnya di Komputer Anda silahkan lakukan unduh untuk Google drivenya

Beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Drive:

1.       Kapasitas penyimpanan dokumen gratis hingga 5GB.

Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya sebesar 5GB, tidak terhitung dokumen yang Anda buat melalui Drive. Anda dapat mengupload 30 jenis file termasuk file Photoshop, video, foto dan sebagainya. Google Drive mendukung hampir seluruh jenis file yang populer.

2.       Upload hingga 30 jenis file

Google Drive mendukung penyimpanan dan tampilan 30 jenis file populer. Jadi, Anda dapat meng-upload sebuah film ke Drive dan memainkannya kembali dalam browser Anda, di mana pun Anda berada.

3.       Berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.

Sama seperti Google Docs, Anda dapat berbagi file melalui Google Drive. Hanya dengan meng-klik kanan di file atau folder dan memilih “Share” dan memilih opsi sharing yang ada. Untuk mengijinkan seseorang dapat mengakses seluruh drive Anda, klik tombol orang tersebut dan tanda tambah (plus) di bagian atas.

4.       Menggunakan sistem pencari Google.

Dengan teknologi pencarian Google yang dibenamkan di aplikasi Google Drive, Anda dapat melakukan pencarian foto pada bagian ‘search’. Anda juga dapat melakukan pencarian teks pada dokumen yang di-scan. Setelah beberapa pengujian, fitur ini ternyata tidak sepenuhnya dapat dipercaya, tapi cukup pantas untuk dicoba sebagai penolong pencarian file atau foto.

5.       Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya.

Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.

6.       Menginstal aplikasi dari pihak ketiga.

Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lainnya, kunjungi Google Drive > Settings > Manage apps > Get more apps.

Beberapa Keunggulan yang tersedia di layanan Google Drive:
1.       Menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.
2.       Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya.
  1. Window, Mac dan Android dapat turut serta meramaikan Google Drive.
  2. Perusahaan menyatakan akan mendukung iOS secepatnya.
  3. Google Drive dapat mendukung berbagai jenis file.
  4. Melihat perubahan masa lampau.



Sumber :

No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya