Wednesday 2 April 2014

All About Facebook

A. Sejarah Facebook



http://chanyan.files.wordpress.com/2010/05/19facebook.jpg
Facebook merupakan salah satu dari beberapa media sosial yang beredar di dunia. Facebook pertama kali diluncurkan pada Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook Inc. Pada September 2012 Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Awal mulai berdirinya Facebook yaitu berkat ide cemerlang dari seorang mahasiswa harvard yang bernama Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg ialah sosok muda yang berprestasi dimana sudah terlihat ketika ia duduk di bangku kelas 6 SD. Pada saat itu ia sudah mulai mengenal bahasa pemrograman komputer. Buku pertama yang digunakan sebagai panduan dalam memprogram ialah “c++ for dummies”.

Facemash adalah awal mula dari berdirinya facebook. Facemash sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana ketika itu dia masih berada di Harvard. Menurut Harvard Crimson situs yang dibuat olehnya mirip dengan situs Hot or Not karena menggunakan foto yg diperoleh dari Facebook di sembilan asrama.
Perjuangan Mark Zuckerberg dalam menciptakan facebook tidaklah mudah sebab pada awalanya ia harus meretas jaringan Harvard untuk mengambil data – data mengenai foto dan infomormasi dasar dari mahasiswa. Pada saat itu Facemash sendiri berhasil menarik 450 pengunjung 22.000 tampilan foto saat 4 jam pertama online.

Usaha Mark Zuckerberg nampaknya sudah hampir punah ketika ia mulai meneruskan situs buatannya ke beberapa server di kampus sebab pihak administrasi Harvard mematikannya dalam beberapa hari. Hal ini dikarenakan Mark sudah melanggar hak cipta, melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan dari kampus. Namun , hukuman yang di berikan kepada Mark dibatalkan. Markpun mulai memperluar proyeknya dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian akhir.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Setelah 6 hari diluncurkannya situs tersebut. Mark mulai dituntut sebab 3 seniornya melaporkan kepada pihak Harvard Crimson bahwa mark sudah meniru ide mereka. 3 Senior markpun membuat sebuah situs jejaring sosial juga yang memang mirip dengan TheFacebook yaitu HarvardConnection.com . Namun akhirnya ujian tersebut dapat diselesaikannya.

Masalah keanggotaan dari thefacebook pada awalnya di batasi saja yaitu yang hanya dapat mendaftarkan adalah mahasiswa Harvard College saja. Pada bulan pertama setelah peluncuran lebih dari 50% dari mahasiswa sarjana Harvard sudah terdaftar disitus ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini

Pada Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook mulai menjadi sebuah perusahaan pada musim panas 2004 dimana pada saat itu juga atas dasar saran dari pengusaha Sean Parker , Mark Zuckerberg diangkat menjadi presiden di perusahaan tersebut. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Microsoft telah membeli 1.6% saham dari Facebook atau senilai dengan $240 Juta pada 24 Oktober 2007, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 Milyar. Pembelian yang dilakukan oleh Microsoft terhadap facebook adalah iklan internasional. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Facebook sempat mengalahkan visitor google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011 Facebook melakukan razia terhadap akun – akun yang mendaftar di dalamnya. Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.

Pada Maret 2012 Facebook mengelurakan App Center dimana toko yang bergerak menjual aplikasi yang berhubungan dengan facebook, Toko ini tersedia untuk iphone, dan Android namun belum untuk Blackberry. Pada bulan April, Facebook membeliki aplikasi ternama yaitu Instragram dengan nilai $1 Miliar di tahun 2003. 

Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

Berikut adalah data statistik pengguna Facebook dari tahun – ketahun : 

Perkembangan Facebook

Tanggal             Pengguna Jeda Waktu Pertumbuhan Bulanan
26 Agustus 2008 100 Juta 1665 Hari 178.38 %
8 April 2009         200 Juta 225 Hari 13.33 %
15 September 2009 300 Juta 160 Hari 9.38 %
5 Februari 2010 400 Juta 143 Hari 6.99 %
21 Juli 2010         500 Juta 166 Hari 4.52 %
5 Januari 2011          600 Juta 168 Hari 3.57 %
30 Mei 2011           700 Juta 145 Hari 3.45 %
22 September 2011 800 Juta 115 Hari 3.73 %
24  April 2011          900 Juta 215 Hari 174 %

B. Konsep Facebook

Facebook awalnya digunakan untuk menghubungkan menghubungkan komunikasi antar mahasiswa di Hardvard namun pada akhirnya dapat digunakan oleh semua orang. Di lain sisi Facebook sendiri awalnya hanya berupa situs media yang dibuat oleh Mark Zeckberg untuk mengupload berbagai foto dan data yang menjadikan informasi bagi mahasiswa setempat.

Facebook juga membuat orang mudah mengedit data diri pribadinya masing – masing sebab facebook menyediakan fasilitas – fasilitas yaitu user dapat mengubah profile piture, mengubah alamat, mengupload video, foto , dan melakukan chatting antarsesama pengguna bahkan saat sekarang facebook memiliki aplikasi – aplikasi permainan yang banyak digeluti oleh orang orang 

Namun seiring dengan pertambahan tahun facebook kini berubah menjadi ladang perdanganan. Setiap orang bebas membuat lapak dagang di facebook hanya saja harus mematuhi TOS (Term Of Service) dari Facebook itu sendiri. Bagi yang melanggar maka akan dikenakan sanksi bahkan akun dari si pembuat akan dihapus.

C. Teknologi Facebook

1. Memcached

Memcached saat ini menjadi salah satu perangkat lunak paling terkenal di internet. Ia merupakan sistem caching memori terdistribusi yang digunakan Facebook (dan banyak situs lainnya) sebagai lapisan caching antara server web dan server MySQL (karena akses database relatif lambat).

Selama bertahun-tahun, Facebook telah berkali-kali melakukan optimasi pada memcached dan perangkat lunak sekitarnya (seperti mengoptimalkan penumpukan jaringan).Facebook menjalankan ribuan server memcached dengan puluhan terabyte data cache pada satu titik waktu. Kemungkinan ini merupakan instalasi memcached terbesar di dunia.


2. HipHop for PHP

PHP, sebagai scripting language, relatif lambat bila dibandingkan dengan kode yang berjalan secara native di server. HipHop mengubah PHP menjadi kode C++ yang kemudian dapat dikompilasi untuk menghasilkan performa yang lebih baik.

Hal ini telah memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan server webnya karena ia sangat bergantung pada PHP untuk melayani konten.Sebuah tim kecil engineer (awalnya hanya tiga orang) di Facebook menghabiskan 18 bulan mengembangkan HipHop, dan sekarang telah di produksi.

3. Haystack

Haystack adalah sistem penyimpanan/pencarian foto berkinerja tinggi pada Facebook (Sesungguhnya Haystack adalah sebuah penyimpanan object, sehingga tidak menyimpan foto). Ia mengerjakan kerja berat, ada lebih dari 20 miliar foto yang diunggah di Facebook, dan masing-masing disimpan dalam empat resolusi yang berbeda, menghasilkan lebih dari 80 miliar foto.

Dan hal tersebut bukan hanya tentang kemampuan menangani miliaran foto, kinerja juga sangatlah penting. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook melayani sekitar 1,2 juta foto per detik, angka yang tidak termasuk gambar/foto dilayani oleh CDN Facebook.

4. BigPipe

BigPipe adalah sistem layanan halaman web dinamis yang dikembangkan oleh Facebook. Facebook menggunakannya untuk melayani setiap halaman web dalam beberapa bagian (disebut “pagelets” untuk menghasilkan kinerja yang optimal.

Misalnya, jendela chat diambil secara terpisah, feed berita diambil secara terpisah, dan seterusnya. Pagelets ini dapat diambil secara paralel, sehingga kenerja tetap terjaga, dan juga memungkinkan user mengakses situs dengan baik meskipun beberapa bagian dinonaktifkan atau rusak.

5. Cassandra

Cassandra adalah sistem open source yang berfungsi sebagai menejemen database terdistribusi. Facebook kemudian mengembangkannya dengan NoSQL dan menggunakannya untuk fitur Inbox Search. Selain facebook, sejumlah layanan lain juga menggunakannya, misalnya Digg.

6. Scribe

Scribe adalah sistem logging fleksibel yang digunakan secara internal oleh Facebook untuk banyak tujuan. Ia dikembangkan untuk menangani logging pada Facebook, dan secara otomatis menangani kategori logging baru yang muncul.

7. Hadoop dan Hive

Hadoop adalah implementasi map-reduce open source yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan data dalam jumlah besar. Facebook menggunakannya untuk analisis data (dan seperti yang kita ketahui, Facebook memiliki data dalam jumlah yang besar).

Hive dikembangkan oleh Facebook, dan dengannya dimungkinkan untuk menggunakan query SQL terhadap Hadoop, sehingga lebih mudah bagi non-programmer untuk menggunakannya. Baik Hadoop dan Hive adalah open source dan digunakan oleh sejumlah layanan besar, misalnya Yahoo dan Twitter.

8. Thrift

Facebook menggunakan beberapa bahasa yang berbeda untuk beberapa layanannya. PHP digunakan untuk front-end, Erlang digunakan untuk Chat, Java dan C + + juga digunakan di beberapa tempat (dan mungkin bahasa lainnya juga).

Thrift adalah cross-language framework yang dikembangkan secara internal untuk mengikat semua bahasa yang berbeda tersebut, sehingga memungkinkan komunikasi antar bahasa tersebut. Hal ini memudahkan Facebook untuk pengembangan lintas-bahasanya.

9. Varnish

Varnish adalah akselerator HTTP yang bertindak sebagai penyeimbang beban dan juga konten cache yang kemudian dapat dilayani secepat kilat. Facebook menggunakan Varnish untuk melayani foto dan gambar profil, penanganan miliaran permintaan setiap hari. Seperti hampir semua yang digunakan Facebook, Varnish adalah open source.

D. Dampak Positif & Negatif

1. Dampak Positif

a. Mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jika berbeda jarak ataupun waktu 
b. Mempermudah orang untuk menemukan teman lamanya 
c. Kita dapat bertukar informasi antar sesama pengguna dengan mudah 
d. Tempat untuk melakukan iklan jualan kita
e. Memberitahu kepada orang tentang ide yang ada di dalam diri kita
f. Mengabadikan foto – foto kenangan kita
g. Dapat mengintropeksi diri ketika jika kita membuat status yang tidak – tidak maka orang lain berhak untuk komen lalu kita bisa menganggap bahwa itu adalah hal positif

2. Dampak Negatif

a. Membuat kita lupa akan waktu sebab keasikan online
b. Membuat kita lupa juga akan bersosialisasi dengan dunia nyata sebab keasikan ngobrol di dunia maya
c. Orang terkadang lupa seharusnya data yang sifatnya penting jangan di share di facebook
d. Terkadang dengan adanya facebook dapat membuat hubungan seseorang menjadi kacau
e. Terjadinya kasus penipuan


E. Keamanan

1. Trusted Friends

membantu pengguna Facebook jika suatu saat ada masalah akun terkunci atau tidak bisa diakses. Dengan trusted friends, maka pengguna bisa memilih 3 sampai 5 orang teman yang dipercaya untuk membantunya mengakses kembali akun Facebook yang terkunci. Facebook akan mengirimkan kode ke para teman dipercaya yang dipilih pemilik akun untuk membuka kunci akun pemilik. Fitur ini secara teoritis akan meningkatkan keamanan akun Facebook pengguna namun harus digunakan secara hati-hati agar para teman yang dipercaya tersebut tidak menyalahgunakan kepercayaan ini untuk mengutak-atik akun pemilik sebenarnya, baik untuk tujuan jahil ataupun tujuan lain.


2. App password

Fitur ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan akun Facebook dengan menyediakan pemilik akun sebuah password unik yang digunakan dalam sebuah aplikasi. Pengguna akan membuat password khusus untuk aplikasi dan mengganti password biasa yang digunakan aplikasi pihak ketiga seperti Spotufy atau Skype. Pengguna juga bisa menolak sebuah aplikasi tertenut untuk mengakses akun Facebook dengan cukup menghapus password yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Pintasan Privasi

  Facebook juga membuat sebuah menu pintasa privasi dimana user dapat mengatur apa saja yang hendak mereka share sehingga dapat di lihat orang banyak baik yang sudah mengadd mereka ataupun yang belum mengadd mereka. Facebook juga mempunyai fitur dimana user dapat menyembunyikan info mengenai dirinya sebelum user tersebut menjadi teman.

4. Pemberitahuan masuk 

  Fitur keamanan ini berfungsi untuk memberitahu kita melalu email ataupun sms mengenai pemberitahuan masalah akun dari facebook kita dengan catatat misalnya kita sudah mendaftarkan 1 perangkat lalu ada perngkat lain yang mencoba masuk ke akun kita maka hal tersebut akan di laporakan dan masuk email kita dengan info yang sangat detail.

5. Persetujuan masuk ke facebook

 Saat ini facebook memberikan faisilitas dimana user dapat mengatur akunnya melalu ponsel. Hal ini untuk mengurangi tindakan yang tidak diinginnkan.

6. Generator Kode

 Dengan generator kode kita akan mendapatkan kode pengamanan untuk akun kita ketika itu diperlukan.

7. Kata sandi aplikasi

Kita dapat membuat kata sandi untuk aplikasi facebook kita sebelum kita melakukan login ke dalam akun kita.

8. Kontak terpercaya

Kita dapat memilih teman kita yang dipercayai untuk masuk ke dalam facebook kita ketika suatu saat kita lupa akan kata kunci kita.

9. Browser terpercaya

Kita dapat menambahkan serta mendaftarkan browser yang kita miliki guna demi keamanan akun kita jadi jika ada browser lain yang tidak terdaftar namun hendak masuk ke akun kita maka kita akan mendapatkan reportnya .

10. Tempat Masuk Anda

Digunakan untuk menijau dan mengelola tempat masuk atau login dari akun kita.


F. Referensi 









No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya