Wednesday 7 May 2014

Blogger.com VS Wordpress.com

   Blogger adalah salah satu layanan blogging dengan penggunanya yang paling banyak di dunia apalagi dengan sekrang ini yang kekuasaannya goggle yang merajalela ke semua lini dan setiap milik google memiliki integrasi.kita cukup membuat akun google maka akun blogger kita juga otomatis terbuat. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Blogger inc ini milik Google semenjak diambil alih dari perusahaan pengembang Blogger Pyra Lab, dalam waktu dekat.Blogspot ini adalah bukan merupakan CMS, namun blogger ini adalah sebuah layanan untuk membuat blog dengan segala kemudahannya, kita tidak perlu mempunyai hosting dan domain semuanya sudah disediakan oleh google.Namun karena disediakan oleh google maka kita tidak bisa menggunakan top level domain domain kita berada pada sub domain blogspot.Tapi jika anda mau megunakan top level domain anda bisa membeli domain dan mendirectnya menuju blogger anda.
  Keuntungan yang lain pada blogspot adalah karena server kita ikut sama google jadi server kitagak bakalan jebol atau down di banding kita punya server sendiri yang rentan sekali down jika kebanyakan pengunjung.Selain itu juga aman dari para hacker karena code dari layanan blogger ini tertutup sehingga tidak ada yang bisa ngoprek untuk membobol blog yang menggunakan blogger.Di Blogger ini juga kita bisa memasukan iklan melalui java script yang bisa di include pada widgetnya tidak seperti wordpress dan kita juga bisa banyak melakukan perubahan mengenai tampilan dan tataletaknya sesuka hati kita tapi tetap ikut aturan.
  Namun dari segala kelebihan yang dimilikinya pasti ada kekurangan yaitu karena lagi nih server kita numpang sama google jadi kalo kita ada salah google berhak menutuk blog kita secara sepihak dan kalo sudah begitu kita tidak bisa apa-apa.
Wordpress adalah salah satu layanan blogging yang dikemas ke dalam sebuah Content Management System atau CMS. Wordpress memilikin fungsi yang hampir sama dengan rekannya yaitu blogger dimana berguna untuk memanage content di dalam sebuah blog contohnya kita bisa mengatur sebuah postingan blog dan sampai kepada hak dimana kita dapat merubah template default dari blog yang kita buat. 
  Salah satu keuntungan dari Wordpress yang tidak dimiliki oleh blogger adalah versi offline. Wordpress menyediakan versio offlinenya sehingga membebaskan user untuk mengupload cmsnya di server yang dia hendaki lain hal dengan blogger yang memang hanya menyediakan versi online jadi user tidak bisa merubah letak data dari blogger itu sendiri alias hanya bisa numpang pada server google.
Kalau kita berbicara mengenai SEO atau Search Engine Optimazer lebih cocok ke wordpress sebab wordpress memang sudah menyediakan secara default bagi pengguna yang memang ingin membuat websitenya menjadi nomor 1 di google walaupun hal tersebut tergantung dari si usernya juga dalam meletakkan keyword – keyword yang nantinya dijadikan sebagai metadata pada SEO tersebut 


Perbandingan yang didasarkan Kepada data Alexa.com :

A. Seberapa populerkah blogger dibanding dengan wordpress ?
 
    

 

B. Seberapa banyak dan siapa saja pengunjung blogger dan wordpres itu ? 

   



 

C. Darimana saja sih pengunjung blogger dan wordpress itu ? 

    






D. Ada berapa banyak situs yang terhubung dengan blogger atau wordpress itu ? 

 


E. Situs apa aja sih yang memiliki keterkaitan dengan blogger dan wordpress ?
 
 



F. Apa sih yang dilakukan pengunjung pada blogger atau wordpress ? 



 
G. Seberapa cepat wordpress atau blogger itu di load ? 
 


 
Sumber :
http://www.alexa.com/siteinfo/wordpress.com#?
 http://www.alexa.com/siteinfo/blogger.com#?
http://blog.bosscript.com/pengertian-wordpress.html
wikipedia.com
http://www.look-j.com/2011/12/bedanya-blogger-dan-wordpress-baca-ini.html
http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.karya-tulis-opini/perbedaan-wordpress-dengan-blogspot.html

No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya