Thursday 28 October 2010

Penyebab Komputer Sering Hang

     Anda mungkin sering mengalami kejadian yang menjengkelkan ketika lagi asyik mengetik atau main game dan tiba-tiba komputer jadi hang, alias macet. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, berikut beberapa penyebab komputer menjadi hang :

1. Virus

Ini adalah salah satu alasan kenapa komputer sering “hang”. Baik Anda pengguna biasa ataupun pengguna komputer profesional, Anda pasti sering menghadapi masalah tentang virus. Tanda pertama dari infeksi virus adalah ketidakstabilan. Beberapa virus menghapus sektor boot dari harddisk, sehingga mustahil untuk boot.Lebih baik Anda melindungi komputer dengan antivirus yang bagus sehingga dapat membantu Anda mendeteksi adaanya virus dan juga untuk mencegah masalah masuknya virus ke komputer Anda. Yang paling penting tentang antivirus adalah bahwa Anda harus memperbaruinya harian, ada virus baru setiap harinya, dan antivirus tanpa terupdate adalah sia-sia.

2. RAM rendah

Masalah RAM mungkin akan membuat layar menjadi mati dan berwarna (BSOD) dengan juga terdapat pesan ‘Fatal Exception Error’. Sebuah kesalahan fatal menunjukkan masalah hardware yang serius. Kadang-kadang dapat diartikan ada bagian yang rusak dan perlu penggantian.
Namun kesalahan yang sangat fatal disebabkan oleh RAM yang rendah. Jadi jika ingin membeli sebuah produk Anda harus memastikan bahwa Anda membeli RAM yang bermerek dan jangan mencari yang murah.

3. Pengaturan BIOS

Setiap motherboard disertakan dengan berbagai pengaturan chipset yang ditentukan oleh pabrik. Setelah masuk BIOS, perhatian besar harus diambil. Cobalah untuk mengingat atau menulis semua pengaturan yang telah dibuat. Dengan demikian, jika Anda mengubah sesuatu dan komputer menjadi tidak stabil, Anda akan tahu untuk mengembalikannya ke pengaturan semula.

4. Hard disk drives

Setelah beberapa bulan, informasi pada hard disk drive mulai menjadi sedikit. Ada baiknya untuk melakukan defragment hard disk setiap minggu, untuk mencegah frezee screen. Menggunakan Windows Disk Defragmenter setiap minggu untuk menjaga informasi dalam hard disk Anda dalam kondisi baik.

5. Software

Sebuah masalah umum yang sering menyebabkan komputer “hang” adalah kesalahan menginstal software. System registry dapat rusak oleh perangkat lunak yang telah usang yang anda pikir telah di unsinstall. Gunakanlah software reg cleaner untuk membersihkan system registry dan menghapus isi software yang tidak terpakai. Baca petunjuk penggunaannya secara hati-hati agar Anda tidak melakukan kerusakan permanen pada registry. Jika registry sudah rusak anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda.

     oke cukup sekian nih infonya yang bisa disajikan, jadi tunggu apa lagi jangan lupa dikomen ya :)
 

16 comments:

  1. wahh , makasih info nya sob :D
    berguna bgt nii ..
    kebetuLan komp saya sering henk

    ReplyDelete
  2. thanks sharenya sob.
    Setting Bios yang berubah2 itu kenapa ya

    ReplyDelete
  3. hmm... gitu yaa? Oke deh.. makasih ni gan... ^_^

    ReplyDelete
  4. gan,kalo komputer tba2 hank tapi pas kita restart lagi eh malah trus2an restart dan gak mau berhenti kalo gak dimatiin stabilizer nya...
    knp tu ya gan...??
    thx...

    ReplyDelete
  5. Paling sering sih di sebabkan oleh virus dan RAM yang gak mampu memproses software/program yang high definition....

    ReplyDelete
  6. informasinya menarik sob, komputer dirumah sering hang walau sering di maintenance dengan tune up utility, kira2 apa ya penyebabnya ?

    ReplyDelete
  7. @abang: okedeh sip bang
    @kisah abu nawas: setting bios bisa berubah apabila mungkin karena virus ataupun karena kita sendiri yaitu dengan riset jumper
    @herlan: okelah gan :)
    @entis: bisa karena listriknya gak stabil terus karena memory yang rendah sehingga tidak dapat memungkinkan masuk ke windows ataupun karena pcnya yang panas
    @asis: bener tuh sob
    @brijakarta: yaitu tadi mungkin ada virus atau pun kebanyak program kali sob dan salah satunya ya itu hehe

    ReplyDelete
  8. wah . , PC saya masih pakai RAM 512 (T_T)
    utk masalah hardware saya masih belum mengerti,

    saya tnggu info berikutnya kawan . ,

    ReplyDelete
  9. Wah kerenn nih tipsnya ... :)


    Tq yaa :D http://kelpolova.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. laptop saya sring eror nih. :(
    terkadang mw Turn Off kgk bisa, so harus manual matiinnya. ya tekan powernya lama2 baru bisa mati. tp klu keterusan kan laptop bisa rusak jg. huffff.
    apaan ya yg kena? bisa bantu saya sob?

    ReplyDelete
  11. sobat sudah lama tidak blogging slama 3 hari.
    sebenarnya sih pengen nanya. tapi udah ada yg jawab..nice info sob

    http://wirawan-blogs.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. @ladida: wah masih pake 512MB upgradelah gan, okelah sip
    @Mr.Kelpo: sip hehe
    @eas: kebanyakan programm kali sob sehingga laptop ente gak kuat untuk melakukan proses shudown
    @wirawan: wah iya wan, okelah wan yang penting judulnya komen haha

    ReplyDelete
  13. salam sahabat
    kemungkinan yang saya alami tentang hardisck ini mas,ternyata mempunyai efek yang dominan yach.makasih n good luck

    ReplyDelete
  14. Info yang sangat bermanfaat sekali........ Thanks ...

    ReplyDelete
  15. biasanya virus yang paling berperan lebih dalam membuat komputer "hang"
    tapi juga ada malware dan worm kok yang bisa lebih parah dari virus...

    ReplyDelete

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya