Monday 8 November 2010

Tips Mempercepat Kinerja Google Chrome

     Pencarian lebih Cepat: Google dengan salah satu produknya “Google Chrome” bertujuan untuk membuat pencarian semudah mungkin. Anda dapat mencari halaman web/konten yang dinginkan dengan hanya mengetikkan sebuah istilah/keyword ke dalam kotak pencarian, atau anda dapat mencari situs tertentu dengan memasukkan domain dan kemudian menekan [Tab]. Anda juga dapat menggunakan kata kunci tertentu untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari tertentu, caranya klik kanan di address bar dan pilih ‘Edit Mesin Pencari (Edit Search Engines)’ untuk menambah atau menghapus mesin pencari dan menetapkan kata kunci untuk mereka. 
 
Google Chrome Shortcuts :Seperti browser lain, anda juga dapat menggunakan cara pintas (shortcut) pada keyboard untuk menghemat waktu. Gunakan [Ctrl]+[Shift]+[B] untuk selalu menampilkan bookmark bar, [Shift]+[Esc] untuk membuka Chrome’s Task Manager dan [Ctrl]+[J] untuk membuka jendela Download, F11 untuk Full Screen. Pindahkan kursor tanpa menggerakkan mouse Anda dengan menggunakan [Ctrl]+[L] untuk beralih ke address bar dan [Ctrl]+[K] untuk memindahkan kursor ke kotak pencarian. Ada juga jalan pintas untuk mempercepat surfing anda, di antaranya : [Ctrl]+[T] untuk membuka tab baru, [Ctrl]+[N] akan membuka jendela baru, [Ctrl]+[Shift]+[T] pengelolaan bookmark, [Ctrl]+[Tab] kembali ke tab yang terbuka sebelumnya, [Ctrl]+[W] untuk menutup tab saat ini.?

Customised Home Tabm: Seperti Opera, Chrome juga memiliki fitur yang akan menampilkan tab dari situs yang paling sering anda kunjungi ketika anda membuka tab baru. Anda dapat membuat kustomisasi untuk tab-tab tersebut sesuai keinginan anda.

Multiple Homepages : Anda mempunyai situs favorit yang dikunjungi setiap harinya? Chrome juga menyediakan fitur untuk membuka situs favorit anda dalam tab tersendiri ketika anda memulai browser. Buka menu Options dan di bawah Basics tab, centang tombol untuk ‘Open the Following pages’ kemudian tambahkan situs mana yang ingin anda buka pada saat startup. Di samping itu anda juga dapat membuka sebuah halaman baru tanpa harus menunggu sampai selesai loading halaman sebelumnya. 
 
Easy Downloading : Hampir semua browser mempunyai fasilitas untuk menyimpan file hasil download pada folder tertentu, demikian juga dengan Chrome. Untuk mengubah lokasi default folder penyimpanan hasil download, masuk ke Options, klik pada tab Minor Tweaks dan tetapkan lokasi kustom download baru. Alternatif lainnya anda juga bisa melakukan “drag and drop” lokasi downloads dari status bar langsung ke desktop anda atau jendela Explorer.

Install Theme : Antarmuka Chrome memang terkesan sangat minimal, namun anda dapat dengan mudah mengubah tampilan yang sederhana tersebut dengan menggunakan tema pilihan. Klik pada perkakas spanner, pilih ‘Personal options’ kemudian klik ‘Get themes’. Setelah anda menemukan theme yang anda suka, klik ‘Apply theme’.

Create Shortcuts : Anda dapat menggunakan Chrome untuk membuat shortcuts di desktop anda untuk aplikasi web favorit Anda seperti Google Mail, Flickr, Twitter dan sebagainya. Kunjungi situs yang anda inginkan untuk dibuatkan shortcutnya, buka menu Page dan pilih ‘Create application shortcuts’, anda akan memiliki pilihan untuk menyimpan shortcut ke desktop, menu Quick Launch bar atau Start menu.

Explore the Program : Ingin tahu fitur apa saja yang ada di dalam Chrome?? Caranya pada address bar ketik ‘about:’ (tanpa tanda petik) kemudian enter. Anda akan melihat beberapa informasi dasar tentang Chrome, seperti V8 JavaScript Engine (mesin JavaScript yang lebih andal yang dibuat untuk bisa menjalankan aplikasi web yang rumit secara lebih cepat), versi webkit, user agent dan lain-lain. Untuk mengetahui fitur Chrome secara lebih detil tambahkan kode tertentu setelah ‘about’. Contoh about:dns kemudian enter, perintah ini akan memperlihatkan bagaimana fungsi DNS pada browser Chrome.

22 comments:

  1. walau saya bukan pengguna chrome tapi saya rasa ini merupakan ilmu yang bagus buat nambah pengetahuan...
    thx ya gan...

    ReplyDelete
  2. ane juga mengunakaan chrome tapi sering crash jika di instal extensions, ya jarang gunain jadinya, tapi tipsnya bisa dicoba ni untuk mempercepat kinerja google chrome.

    ReplyDelete
  3. Walau hanya sesekali pakai google crome,tapi tipsnya sangat berguna sekali. thanks infonya sob.

    ReplyDelete
  4. tips yang bagus .. tapi ane masih seneng pake MF

    ReplyDelete
  5. Aku masih lebih suka Mozilla sob... emank sih Chrome bagus untuk Surfing tapi buat Blogging aku masih lebih suka Mozilla hhe....

    ReplyDelete
  6. @kakve_santi: iya kawan saya juga tapi kadang menggunakan ie juga
    @entis sutisna: iyoi sob thanks ya udah komen hehe
    @akhdyo: okelah sob
    @urang lembur: iyaoi juga nih sob hehe
    @syahidacomputer: sama kadang juga selain ie ane juga pake ff :)

    ReplyDelete
  7. @djsite: okelah , memng itu tergantung selera masing masing sih hehe

    ReplyDelete
  8. Wah, Keren Tipsnya Sob,,
    Sangat membantuku dlm mempercepat browser Google Chrome, makasih..
    Salam Blogger!

    ReplyDelete
  9. @amrusite: iya sob sama sama hehe

    ReplyDelete
  10. saya suka sama Mozilla Firefox . , tapi Google Chrome bisa jadi solusi kalau Firefox lagi error . ,

    saya simpan tipsnya kawan . , pasti lebih optimal dalam penggunaannya . , ^_^

    thanks tips-nya . ,

    ReplyDelete
  11. terimaksih infonya..
    berhubung saya pake chrome..

    ReplyDelete
  12. @ladida: okelah sob sama sama
    @Foblog: iyoi deh sob

    ReplyDelete
  13. saya masih setia pake firefox, cuma kadang2 ya suka pake chrome but nice tips :)

    ReplyDelete
  14. mantap gan...ternyata GC emang easy to use ya.

    ReplyDelete
  15. mantap gan,,,GC emank easy to use

    ReplyDelete
  16. wah mantpa gan, keep posting :)

    ReplyDelete
  17. thanks sya rasa ni bermanfat

    ReplyDelete
  18. tapi google chrome makin lama makin lelet gan ...

    ReplyDelete
  19. Google chrome enak dipake gx sering error.!! tapi klo urusan download yaa pake IDM lahh..../Lol/

    ReplyDelete
  20. Sip gan tutornya, kunjungan balik daari hermanbagus*blogspot*com

    ReplyDelete

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya