Monday 20 September 2010

Facebook Luncurkan Ponsel Sendiri

    Facebook, situs milik Mark Zuckerberg sedang membangun ponsel atau lebih tepatnya membangun perangkat lunak untuk telepon dan bermitra pada pihak ketiga untuk membuat perangkat kerasnya. Seperti dikutip dari Tech Crunch, Senin (20/9/2010), Facebook konon prihatin dengan kemampuan iPhone dan platform Android yang memasukkan aplikasi Facebook namun tidak cukup melawan ancaman jangka panjang para kompetitor-nya.

Secara khusus Facebook ingin mengintegrasikan aplikasinya ke dalam kontak dan fungsi inti lainnya dari ponsel, dan itu hanya bisa dilakukan pada pengontrolan sistem operasi (OS) sendiri.

Dua karyawan Facebook Joe Hewitt dan Matius Papakipos dikabarkan bekerja khusus untuk proyek rahasia tersebut. Keduanya memiliki banyak pengalaman dalam sistem operasi, khususnya untuk ponsel cerdas.

Hewitt pernah membantu menciptakan browser Firefox dan bekerja pada OS Parakey sebelum diakusisi oleh Facebook pada tahun 2007. OS Parakey yang tidak pernah diluncurkan itu digambarkan sebgai sistem operasi berbasis web milik iPhone.

Ia juga ikut menciptakan aplikasi-aplikasi Facebook lainnya, namun berhenti untuk tidak menciptakan aplikasi Facebook untuk iPhone sejak tahun 2009 lalu.

Sementara Papakipos juga memiliki latar belakang yang tak kalah hebat. Ia sempat memimpin proyek OS Google Chrome namun keluar dan hijrah ke Facebook. Papakipos juga dianggap sebagai pengembang hebat dengan sejumlah pekerjaan yang ia lakukan di situs jejaring sosial itu.

Tapi seperti apakah ponsel tersebut nantinya jika rumor ini benar, belum ada yang tahu. Yang jelas, banyak pihak menduga ponsel tersebut akan menjadi handset yang cukup terjangkau dan memungkinkan para pengguna mengintegrasikan sepenuhnya ke Facebook.

2 comments:

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya