Thursday 23 September 2010

Penyebab Hardisk Rusak

     Harddisk merupakan hardware penyimpanan data yang utama pada komputer. Tanpa harddisk, komputer tidak dapat digunakan secara optimal, karena tampilannya hanya tulisan-tulisan berwarna hitam putih. Harddisk merupakan hardware yang sensitive, Penyebab utama hardisk rusak atau cepat rusak ada 2 yakni:

1. Listrik

Jika keadaan listrik ditempat komputer/laptop anda sering terjadi gangguan, yaitu tegangan yang sering naik turun, bahkan sering drop. Disarankan untuk menggunakan UPS atau setidaknya Stabilizer, agar aliran listrik yang masuk ke komputer anda menjadi stabil terlebih dahulu, hal ini dikarenakan komponen yang ada didalam komputer anda adalah komponen yang sensitif, jadi perubahan pada arus kelistrikan yang masuk akan berbahaya, termasuk terhadap Harddisk anda.Tapi untuk kasus rumah yang listriknya sering terjadi drop saya sarankan gunakan UPS, karena saat listrik tiba-tiba drop, anda punya waktu untuk melakukan safe power off, sehingga harddisk akan tetap aman.

2. Panas dari hardisk itu sendiri
Hardisk yang digunakan secara terus-menerus dan ditambah dengan sistem pendingin yang kurang, dapat menyebabkan terjadinya overheating atau panas yang melebihi batas normal, disarankan menggunakan pendingin hardisk dalam hal ini kipas kecil untuk Harddisk.

3 comments:

  1. wah,,ternyata bahaya juga kalo komputer hidup terus..
    untuk merk komputer apakah berpengaruh terhadap keawetan hardisk??
    kalo sering copy-hapus data ke dalam hardisk apakah juga akan menurunkan daya tahannya??

    ReplyDelete
  2. kayaknya untuk merk enggak deh tapi kualitas hardisk bisa jadi iya, kalau yang transfer data secra sering kayaknya gak ngaruh deh

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya nih..
    knpa yaa komputer saya di hidupkan paling baru 5 menit udah panas banget hardisk nya dan tidak lama kemudian heng timbul layar goyang2 warna biru..????
    setelah di restart normal lagi tapi palingan 10-20 menit heng lagii..
    mohon saran nya ya bang dan buat teman2 yang bisa ngasih jawaban tolong di jawab yaa...

    ReplyDelete

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya