Thursday 25 March 2010

Tips and Trick Windows 7

  Hey bloog dan sobat-sobat setia blog gw, oh iya kali ini gw mau posting dan ngeshare ke kalian semua mengenai beberapa tips and trick bagi pengguna operating system windows 7, nah gw sebenarnya kali ini mau posting dengan tips dan trick mengenai bitlocker akan tetapi nanti ada beberapa yang tidak menyangkut hal tersebut,oke sebelum gw ngasih tips and tricknya gw kasih pengenalan ke sobat semua mengenai apa sih itu bitlocker dan buat apa sih gunanya.
  Pada prinsipnya bitlocker adalah suatu fitur enkripsi yang tersedia pada versi ultimate dan enterprise windows 7 dan juga windows vista,hmm fitur ini memang tidak berada pada versi professional editon entah mengapa hal itu terjadi gw sendiripun tidak mengetahuinya, seharusnya sih kalau menurut gw diversi professionalnya itu seharusnya lebih lengkap karena mengingat bahwa tingkatannya lebih tinggi dibanding versi ultimate dan juga enterprise. Sebenarnya fitur bitlocker ini memiliki fungsi enkripsi  full disk dan juga untuk memproteksi data dengan melakukan enkripsi pada seluruh disk, dan pada versi terbarunya itu dapat mengenkripsi removable disk.mungkin versi terbarunya itu terletak pada windows 7 ini.oke langsung aja nih gw kasih tipsnya.

1.Cara mengaktifkan bitlocker
  • buka windows explorer dengan menggunakan mouse atau pun keyboard jika di keyboard pencet logo windows dibarengi dengan menekan huruf E.
  • untuk mengenkripsi seluruh drive sobat hanya perlu mengklik kanan pada salah satu drive dan pilih menu turn on bitlocker.
  • setelah itu maka akan muncul jendela drive  encryption,pilih use password to unlock teh drive, ketik password sesuai dengan panjang karakter yang diminta .
2. Mengubah metode enkripsi bitlocker
  • ketik regedit.msc pada kotak search programs and file yang berada pada start menu.
  • pada panel sebelah kiri, navigasikan kursor pada computer-configuration-administrative templates-windows-component-bitlocker drive encryption. Pada panel sebelah kanan, klik kanan pada choose drive encryption method and cipher bla bla bla.
  • untuk menggunakan metode default dengan aes 128-bit, klik opsi not configured atya,pilih metoau disabled.
  • untuk merubah metode enkripsi default, pilih enabled.
  • berikutnya pilih metode enkripsi yang sobat inginkan.
inilah tampilan disk drive yang telah di bitlocker

No comments:

Post a Comment

Rajin rajin isi komentar ya :), sedikit komentar dari Anda akan berarti bagi saya dan jangan meninggalkan spam atau apapun yang sejenisnya ya